Banner 468 X 60

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 Mei 2012

Perpustakaan Perguruan Tinggi Pusat Sumber Informasi Akademik Ilmiah

Perpustakaan Perguruan Tinggi Pusat Sumber Informasi Akademik Ilmiah


Hampir sama dengan sumber-sumber informasi yang dimiliki atau dikelola oleh perpustakaan sekolah, dalam tingkatan yang lebih tinggi adalah segala (sumber) informasi yang dikelola oleh perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia itu mencakup semua jenis, baik yang dikelola di bawah Depdikbud maupun di bawah departemen dan lembaga nondepartemen. Pokoknya perpustakaan yang dikelola oleh lembaga pendidikan tinggi yang para siswanya lulusan Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK).
Disesuaikan dengan tingkat penalaran warga belajar di perguruan tinggi yang harus lebih tinggi daripada warga belajar tingkat SMA/SMK, maka segala informasi bidang ilmunya pun tingkatannya harus lebih tinggi. Walaupun demikian, fungsi perpustakaan perguruan tinggi tetap pada hal-hal yang bersifat informatif, edukatif-akademik (ilmiah), dan penelitian. Segala informasi yang sanggup mendukung kelancaran terlaksananya program-program akademik di suatu perguruan tinggi, tersedia di perpustakaan perguruan tinggi yang bersangkutan. Program-program perguruan tinggi yang dimaksudkan di sini adalah yang tertuang dalam kurikulum perguruan tinggi yang bersangkutan, yang tentu saja mengacu kepada Tri darma Perguruan Tinggi, yang berarti di dalamnya terdapat tiga darma, yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, melakukan kegiatan penelitian, dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Mulai dari bahan-bahan berupa buku teks dasar sampai karya-karya hasil penelitian yang rumit dan kompleks, tersedia di perpustakaan perguruan tinggi. Tampaknya memang informasi yang ditampung di perpustakaan perguruan tinggi relatif paling lengkap karena segala macam informasi semua tingkatan dan jenisnya terdapat di sana. Hal ini juga setara dengan beragamnya jenis bidang ilmu yang dikelola dan dikembangkan di perguruan tinggi yang pada umumnya tidak terbatas bidang ilmu yang dikelolanya, kecuali perguruan-perguruan tinggi yang sudah mengkhususkan diri pada bidang ilmu tertentu, misalnya institut, akademi, dan sekolah tinggi. Perguruan tinggi yang lain, seperti universitas banyak mengelola dan mengembangkan segal macam bidang ilmu secara lebih luas. Hal ini sejalan dengan namanya yakni universitas, universal, menyeluruh, umum.
Melihat bahwa perguruan tinggi pada umumnya mengembangkan berbagai bidang ilmu dan tentu saja termasuk bidang informasi studi secara lebih mendalam, maka jelas bahwa perpustakaan yang ada di lingkungannya pun harus mampu mendukung segala kebutuhan informasi studi yang menjadi bidang pengembangannya. Hal ini menunjukkan bahwa perpustakaan perguruan tinggi berfungsi sebagai pusat sumber informasi yang sesuai dengan program perguruan tinggi yang bersangkutan, yaitu program-program akademik-ilmiah yang sudah tertuang dalam kurikulum secara keseluruhan.
Orang sudah tahu bahwa tugas perpustakaan pada umumnya adalah menghimpun, mengolah, dan kemudian menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas. Demikian pula perpustakaan perguruan tinggi, yaitu mulai dari penghimpunan atau pengadaan sumber-sumber informasi, dan kemudian menyebarluaskannya atu memberi layanan kepada segenap warga sivitas akademika perguruan tinggi yang bersangkutan. Bahwa dalam pelaksanaannya, tidak hanya terbataspada sivitas akademika perguruan tinggi yang bersangkutan, melainkan masyarakat umum lainnya juga bisa dilayani dengan persyaratan tertentu. Setidaknya, mereka yang bukan anggota sivitas perguruan tinggi yang bersangkutan hanya dibolehkan memanfaatkan segala jenis informasi yang disediakan perpustakaan, tanpa dibolehkan membawanya ke luar. Dengan kata lain, mereka hanya dibolehkan untuk membacanya di tempat.
Segala jenis dan tingkatan informasi yang sudah direkam dalam berbagai bentuk, tersedia di perpustakaan perguruan tinggi. Oleh karena itu, perpustakaan perguruan tinggi disebut sebagai pusat sumber informasi, sedangkan jenis informasi yang disediakannya pun sesuai dengan tujuan perguruan tinggi, yaitu yang bersifat edukatif, akademik-ilmiah. Jenis informasi lainnya juga disediakan, namun biasanya tidak banyak, misalnya buku-buku atau koleksi bacaan ringan dan bentuk karya-karya fiksi lainnya, tidak banyak disediakan di sini.


DAFTAR PUSTAKA

Fargo, Lucile F. 1947. Library in the School, edisi ke-4 (edisi revisi). Chicago: American Library     Association.
Gates, Jean Key. 1978. Guide to the Use of Books and Libraries, edisi ke-3. New York: McGraw Hill.
Luban, Jr., John (ed). 1978. Progress in Educating the Library User. New York: R.R. Browker Company.

0 komentar:

Posting Komentar