
.Praktik di dunia pemasaran dan jasa tersebut juga terjadi di ranah perpustakaan. Pembeli atau konsumen di perpustakaan disebut pengunjung atau pemakai ( user ). Perpustakaan harus jeli melihat pasar dan menentukan segmentasi pemakainya. Pustakawan dalam hal ini adalah seorang yang menyelenggarakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu yang dimiliki melalui pendidikan ( Kode Etik Pustakawan, 1998:1)
Keberhasilan Layanan perpustakaan ditentukan oleh komponen pustakawan dalam mengelola perpustakaan, oleh karena itu staf perpustakaan ( pustakawan ) harus memadai dari segi jumlah dan mutu untuk memenuhi kebutuhan pelayanan dan program yang dikembangkan di perpustakaan.Dalam menyikapi semakin tingginya tuntutan pemustaka agar perpustakaan meningkatkan mutu layananya, maka kompetensi dan profesionalisme pustakawan harus terus menerus ditingkatkan dan disesuaikan dengan tuntutan pemustaka. Agar menciptakan suatu perpustakaan yang dirindukan pemustakanya
0 komentar:
Posting Komentar