Banner 468 X 60

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 28 Juni 2012

Layanan Perpustakaan

Pada era globalisasi ini, teknologi informasi berkembang sangat cepat (Information technologi developes rapidly). Dimana peran pustakawan pada sebuah perpustakaan sebagai media penyampai informasi dapat dengan menggunakan berbagai program kemasan informasi dengan aneka penyajian. Aneka kemasan informasi diolah oleh pustakawan sehingga siap untuk dimanfaatkan. Tidak dapat dipungkiri sehingga peran seorang pustakawan menjadi tolak ukur apakah informasi yang disampaikan bermanfaat atau tidak, sesuai dengan kbutuhan pengguna dan pengunjung. Perpustakaan tanpa adanya pengguna, hanya menjadi gudang koleksi yang akhirnya menjadi sarang debu, seperti rumah tak bertuan. Penting kiranya mengenal peran pustakawan dalam mengelola perpustakaan, apa yang harus dilakukan terhadap bahan pustaka agar informasi bermanfaat bagi pengguna atau pengunjung perpustakaan.

.Praktik di dunia pemasaran dan jasa tersebut juga terjadi di ranah perpustakaan. Pembeli atau konsumen di perpustakaan disebut pengunjung atau pemakai ( user ). Perpustakaan harus jeli melihat pasar dan menentukan segmentasi pemakainya. Pustakawan dalam hal ini adalah seorang yang menyelenggarakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu yang dimiliki melalui pendidikan ( Kode Etik Pustakawan, 1998:1)

Keberhasilan Layanan perpustakaan ditentukan oleh komponen pustakawan dalam mengelola perpustakaan, oleh karena itu staf perpustakaan ( pustakawan ) harus memadai dari segi jumlah dan mutu untuk memenuhi kebutuhan pelayanan dan program yang dikembangkan di perpustakaan.Dalam menyikapi semakin tingginya tuntutan pemustaka agar perpustakaan meningkatkan mutu layananya, maka kompetensi dan profesionalisme pustakawan harus terus menerus ditingkatkan dan disesuaikan dengan tuntutan pemustaka. Agar menciptakan suatu perpustakaan yang dirindukan pemustakanya

0 komentar:

Posting Komentar