Banner 468 X 60

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 20 Juni 2012

KEPUASAN USER ( Pemakai )




Apa kabar teman-teman, semoga tetap menjadi seorang yang haus akan ilmu pengetahuan :)
Dewasa ini perkembangan teknologi  informasi sudah mempengaruhi berbagai kehidupan. Salah satunya kita bisa lihat tolak ukur suatu bangsa bisa di nilai dari kualitas sumber daya manusia tersebut. Untuk mencetak sunber daya manusia berkualitas di butuhkan pola pikir yang bisa bersaing di era globalisasi ini. Kreatif, inovatif dan terampil agar tidak terbelenggu oleh jaman, dan mampu mencetak sumber daya manusia yang kompeten.
         Perkembangan ilmu pengetahuan turut andil dalam sepinya dunia perpustakaan. Masyarakat lebih cenderung mengakses informasi dari internet dari pada harus berkunjung ke perpustakaan. Askes internet lebih dinikmati karena cepat dan praktis tak butuh waktu lama. Hal ini tentunya perlu diperhatikan bagi insan perpustakaan. Peran perpustakaan sebagai fungsi yang efektif, edukatif, dan sebagai pelestarian bangsa. Keberadaan perpustakaan sebagai wadah informasi, baik dalam bentuk cetak maupun karya rekam bahkan dalam bentuk digital, yang bisa digunakan oleh user atau pengguna. Suatu perpustakan yang mampu menyeleksi informasi yang kemudian dikemas secara professional agar dampak positif, agar dirindukan pemustakanya. Dengan adanya system pelayanaan yan dapat  menjadikan masyarkat cerdas yang cinta perpustakaan.

Faktor yang mempengaruhi Layanan
Ø  Empati
Tindakan seorang pustakawan atau petugas perpustakaan bisa merasakan apa yang dirasakan user atau pengguna dan melayani dengan sopan, ramah, senyum agar user atau pengguna merasa nyaman, agar dirindukan pemustakanya.
Ø   Keandalan ( Reliability )
Kemampuan pustakawan dalam memberikan layanan yang akurat, cepat dan memuaskan
Ø  Daya Tanggap ( Responsiveness )
Seorang pustakawan harus profesional yaitu memiliki daya tanggap yang responsif.
Ø   Kenyamanan Pemakai
Sa’at pertama kali pemakai datang ke perpustakaan yang di pandang, bagaimana perpustakaan itu memiliki tempat yang nyaman, bersih, asri dimana pertama kali datang bisa berkesan di hati pemustaka . Terdapat papan petunjuk arah lokasi yang strategis sehingga pemakai mudah menemukan
Era kemajuan teknologi informasi membuat peningkatan layanan informasi yang sangat besar. Terlepas dampak positif dan negatifnya yang mungkin dapat timbul, perpustakaan harus menyiapkan SDM agar dapat menjadi font-liners dalam sci entific discoveries. Dimana tentunya sebuah system layanan pemakai sangat berpengaruh. Pelayanan di berikaan pustakawaan kepada pemustaka bisa membuat pemuakai merasa nyaman. Perpustakaan akan dirindukan pemakai atau user jika daalaam pelanyananya membuat pemakai merasa betah dating berlama-lama di perpustakaan. Pustakawan harus mempunyai kesadaran bahwa melayani merupakan ibadah. Membuat senang hati orang lain dengan memberikan informasi merupakan ladang amal soleh dan itu kegitan yang mulia. Dalam agama islam terdapat suatu hadist yaitu “Orang yang hari ini lebih buruk dari orang lain, maka orang tersebut tergolong celaka. Jangan mengharapkan perubahan datang tapi berubahlah untuk bergerak menuju kebaikan. Tentu saja semua tergantung kesadaaran diri anda sendiri. Mau bergerak mundur atau maju?, siapkanlah diri anda menuju perubahan yang seknifikan bukan terbelenggu dengan keadaan. Perubahan barasal dari dalam akan berdampak luar biasa bagi diri.

Sumber ; Dari pengalaman praktek  di salah satu perpustakaan, foto juga d ambil dari praktek
            

0 komentar:

Posting Komentar