Banner 468 X 60

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 26 Mei 2012

Dengan BUKU Kita Dapat MENGGENGAM DUNIA

Buku adalah guru yang paling baik. Yang tak  jemu menuntun, membimbing kita tanpa kenal waktu, lebih tepatnya “setia setiap sa’at. Dimana buku tak pernah jemu menggurui kita. Ia dengan sabar membimbing dan melayani pembacanya. Ia bisa menghampiri kapanpun, tidak terikat waktu dan tempat. Sosok benda mati yang sederhana  dan bijaksanaa yang dapat membuka dunia. Akan tetapi kenapa jendela dunia terkoyak?.Dimana rakyat tidak dapat melihat keindahan zaman.Kini  rakyat Cuma bisa melihat dunia yang sobek dan compang-camping.Tentunya apa kita mau di bodohi oleh keindahan zaman yang ternyata justru membelenggu kita. Sekarang, sa’at ini, detik ini, jangan tunda lagi, lakukan agar kita dapat melihat keindahan itu. Tentu tidak mudah, tancapkan niat dalam diri kita. Kita bisa melihat keindahan dunia jika kita mau bergerak. Lihat ke depan, dimana titik terang itu sangat tampak menghampiri kita. ”Membaca”, sebuah seruan menuju  serpihan-serpihan dan merekatnya menjadi sebuah jendela dunia yang kokoh. Konsep memang harus ideal, aplikasinya tentu saja di sesuaikan kenyataan yang ada. Keindahan Nampak terlihat jelas di mata kita, tapi kenapa kita masih enggan menghampirinya. “Malas merupakan faktor utama yang membuat kita terikat dengan dunia yang gemerlap ini. Keindahan yang semu yang sering terlihat.yang justru sangat menimbulkan dampak negatif. Kuncinya ada pada diri kita, jika kita mau berubah, keindahan dunia yang sebenarnya akan terlihat  jelas.

Bagaimana meningkatkan dorongan /motivasi membaca? Tak jarang kita enggan membaca karena membayangkan harus menghabiskan banyak waktu menekuni buku. Semakin sedikit kita ” bersentuhan” dengan buku, semakin malas kita memulai membaca. Namun ada teknik-teknik agar minat baca bertambah:
a.    Bacalah resensi buku-buku baru di berbagai penerbitan (majalah, tabloid, koran dan lain-lain. Jangan pernah ketinggalan informasi , dari sebagian resensi pasti ada yang menarik perhatian kita.
b.    Jadilah anggota perpustakaan. ‘’Malas” mejadi factor utama,tapi tetaplah berkunjung dan jika perlu meminjam disitu karena godaan membaca akan tinggi jika disekitar kita selalu ada buku-buku pilihan yang menanti kita.
c.    Jangan malas mengunjungi toko buku. Minat membaca bisa meningkat drastis ketika melihat banyak pilihan tema dan gambar sampul yang menarik perhatian kita.
d.    Hadirilah acara-acara yang berkaitan dengan buku, bisa book signing, seminar, pameran, atau bursa buku murah. Disitu kita akan menemui orang yang gemar akan buku dan sering terjadi perkenalan dan perbincangan tentang buku, dengan itu jadi memberi informasi dan meningkatkan minat membaca.
e.    Rencanakan jadwal membaca, untuk meningkatkan semangat kerja kita yang mulai kendor. Jangan berhenti merencanakan meskipun kita jarang melaksanakan.
f.     Jangan merasa kecil hati jika hanya sanggup membaca novel atau komik. Teruskan kesuksesan tersebut.
g.    Beresksperimenlah dengan minat baca kita.
h.    Perdalam mana yang kurang. Mencari buku yang membahas gambling.
i.      Cobalah membaca buku yang sedang ramai di bicaraakaan.
j.      Bacalah buku (tentang) tokoh yang kita kagumi (jika tokoh tersebut pernah menulis buku atau ditulis tentangnya dalam sebuah buku).Keingintahuan inilah yang memotivasi kita untuk membaca.
k.    Membaca buku sepanjang masa, yang dipercaya menginspirasi revolusi suatu negara atau bahkan mengubah dunia

Buku adalah jendela dunia. Dengan membuka buku berarti kita membuka jendela dunia. Kita bisa melihat keluar sesuatu yang baru atau pemandangan yang berbeda.
Manfaat buku;
Membaca sebuah buku berarti membuka cakrawala,
b.    Membaca buku berarti kita menyelami dunia lain,
Ø  Sebuah dunia yang ada dalam pikiran kita, dengan membaca berate kita menyelami berbagai dunia orang lainyang akan memberikan kebijaksanaanyang lebih mendalam dalam menghadapi hidup
c.    Mampu menangkap makna dan hikmah
Ø  Hikmah dan makna buku tidak akan masuk ke dalam pikiran tertutup, buku yang tidak manfa’at adalah buku yang tidak kita baca, sekali kita membaca buku  maka makna dan hikmah masuk ke dalam pikiran kita jika pikiran kita terbuka. Anda adalah salah satunya yang memiliki pikiran terbuka karena mau membaca tulisaan ini.

Semoga bermanfa'at :)


          

0 komentar:

Posting Komentar